Pada tahun 1987, Ketika Anthony Greenwald seorang psikolog
pesohor telah menemukan hasil survey bahwa voting hari nasional
prempuan pada waktu itu lebih meningkat 25,2% ketika Responden
diminta pada malam sebelum voting agar mereka pergi esok nya
untuk melakukan voting ketimbang mereka yang tidak di minta
malam itu.
Manusia pada umumnya ingin menjadi konsisten dan diakui, Setiap
kali Anda membuat mereka setuju akan apa yang Anda pinta maka
sebenarnya Anda mengurangi resiko penolakan ketika Anda
menawarkan sesuatu dan menaikkan respon terhadap penawaran
Anda, buatlah PERTANYAAN dan bukan pernyataan untuk persuasi
Anda.
Daripada Anda bilang: Tolong hubungi kami jika Anda harus
membatalkan perjanjian
Kenapa tidak bilang: Boleh saya minta tolong, hubungi kami jika Anda
terpakasa membatalkan perjanjian?
Bisa dimengertikan?
Lalu, sebenarnya umur berapakah yang potensial untuk membangun
hubungan yang positif dengan konsistensi dan komitmen?
Dr. Robert B Cialdini mengatakan :
Asah Target demografi yang ideal di bawah umur 30 tahun
karena mereka butuh jati diri dan konsistensi dan tentu setiap
value baru yang kita tawarkan akan sangat mudah di tangkap
mereka
Atau bisa lebih berumur dari itu tapi dengan sedikit modifikasi.
Maksudnya gini, orang yang sudah berumur di atas 30 tahun
biasanya dia sudah menemukan jalan hidupnya, sudah mulai mapan
dan cenderung susah di ubah.
Contoh:
Misalnya Anda menawarkan produk baru tapi 20 tahun lalu ada
produk yang sama dengan tampilan dan value yang berbeda pada
zaman itu. Apa parameter nya?
Lihat banyak tidak orang yang membeli pada waktu itu?
Bagaimana respon dan action pasar pada waktu itu?
Bagaimana aplikasi nya?
Untuk mereka yang tidak ada pada zaman itu tentu lebih mudah
menawarkan value yang baru dari produk
Dan untuk mereka yang udah lahir sejak zaman itu maka kita
harus membangun “consistency bridge” dengan menyegarkan
kenangan masa lalu yang berkaitan dengan produk ke mereka
lalu kita tambahkan “inovasi dan perbaikan” yang kurang dari
produk masa lalu dan ada di produk kita

0 Comments:
Posting Komentar